Menurunnya Popularitas Bank

Dekade terakhir ini telah melihat peningkatan dalam ekonomi Australia tetapi juga terlihat dalam kejatuhan di perbankan. Perbankan, seperti yang kita ketahui telah menjadi kebutuhan dan pinjaman semakin menjadi sarana populer untuk memenuhi kebutuhan mendesak. Bank di Australia selalu fokus secara tradisional dan beberapa bank teratas berfokus pada pemenuhan kebutuhan dasar konsumen meliputi:

Adelaide Bank

Bank ini terdaftar secara publik dan berkantor pusat di Australia Selatan. Ini menyediakan berbagai jenis layanan keuangan melalui jaringan distribusi terperinci dan dengan membentuk aliansi nasional baru.

Perbankan AMP Australia

AMP adalah salah satu perusahaan manajemen kekayaan terkemuka di Australia dengan aset lebih dari AUD$84 miliar.

Bank ANZ (Australia dan Selandia Baru)

ANZ Bank dianggap sebagai salah satu perusahaan perbankan terbesar di Australia serta Selandia Baru dan juga termasuk dalam 50 bank teratas di dunia. Kantor pusat ANZ dunia terletak di Melbourne di mana ia dimulai pada tahun 1830-an.

Bank Queensland (BOQ)

Bank of Queensland adalah lembaga perbankan dan keuangan terbesar kedua yang berbasis di Queensland dan terdaftar di antara 5 bank terbesar di Australia.

BankSA

Sebelumnya disebut Bank of South Australia dan hari ini merupakan salah satu lembaga keuangan terbesar di Australia Selatan dan juga penyedia utama keuangan pribadi, perumahan dan perbankan pedesaan di Negara Bagian. Hari ini BankSA dimiliki oleh St George Bank.

Commonwealth Bank of Australia

Commonwealth Bank of Australia adalah salah satu lembaga perbankan dan keuangan terkemuka, yang telah memposisikan dirinya untuk pertumbuhan di masa depan dan bertujuan untuk membuat perbankan dapat diakses oleh semua orang Australia.

Macquarie Bank Terbatas

Macquarie Bank menawarkan berbagai jenis peluang investasi perbankan dan juga melayani pasar layanan keuangan ritel tertentu serta perbankan komersial di Australia.

Bank Nasional Australia

National Australia Bank adalah grup layanan keuangan yang diakui secara internasional yang telah menyediakan berbagai layanan keuangan yang komprehensif di Australia serta 15 negara lainnya.

RBA - Reserve Bank of Australia

Reserve Bank of Australia (RBA) adalah bank sentral dan tanggung jawab utamanya adalah kebijakan moneter. Beberapa peran utama RBA termasuk menjaga stabilitas sistem keuangan dan meningkatkan efisiensi dan keamanan sistem pembayaran Australia.

Ini adalah beberapa lembaga perbankan paling populer di Australia. Akhir-akhir ini, telah diperhatikan oleh berbagai kelompok penelitian bahwa Bank tertinggal jauh dalam janji mereka untuk menjaga kepuasan pelanggan dan secara konsisten berkembang untuk menawarkan suku bunga yang kompetitif atas pinjaman mereka. Akibatnya, semakin banyak orang beralih ke bentuk akses permodalan yang lebih baru dan non-tradisional seperti pemberi pinjaman non-bank dan sekarang pinjaman sosial atau jaringan pinjaman peer to peer.

Fenomena ini bisa menjadi petaka bagi ibanking bank jateng seperti yang dialami oleh bank-bank di Inggris menyusul peluncuran Zopa. Zopa dianggap sebagai pelopor dalam peer to peer lending dan siapa saja dapat mengambil pinjaman online dari platform pinjaman Zopa. Poin penting adalah bahwa peminjam dapat menetapkan jumlah pembayaran kembali dengan tingkat bunga maksimum. Tingkat bunga pasti lebih rendah dari apa yang ditawarkan bank dan karenanya lebih banyak orang menganggapnya menguntungkan dari sudut pandang mereka.

Pinjaman sosial telah mendarat di pantai Australia dengan Lending Hub sekarang dilihat dengan cara yang sama seperti Zopa dan Prosper. Tentu saja kendaraan pendanaan masih dalam pengembangan tetapi orang dapat memperkirakan dengan aman bahwa jaringan pinjaman sosial akan mulai mengambil pangsa pasar pinjaman dari bank. Aspek lain yang mendorong pinjaman sosial ke depan adalah kenyataan bahwa hal itu lebih berorientasi pada komunitas, sedangkan bank tidak (walaupun bank suka menggambarkan diri mereka sebagai orang dan fokus masyarakat, mereka telah menghabiskan 4-5 tahun terakhir menutup cabang dan membuat perbankan sangat otomatis dan kurang fokus pada konsumen).

Menurut sebuah penelitian baru-baru ini di Inggris, telah ditemukan bahwa 74% orang merasakan sikap positif terhadap pinjaman dari komunitas pemberi pinjaman sosial dibandingkan dengan meminjam dari bank-bank mereka sendiri. Hampir 49% masyarakat merasa bank belum mampu menepati janjinya dalam memberikan kepuasan nasabah. 81% lainnya percaya bahwa bank mementingkan diri sendiri sementara 76% yang baik percaya bahwa mereka serakah.

Semua dalam semua fitur ini membuat lembaga perbankan sangat tidak populer terutama sekarang mengingat pertumbuhan yang belum pernah terjadi sebelumnya dari komunitas pinjaman sosial dan solusi pinjaman peer to peer.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Facebook memperkenalkan kontrol baru untuk anak-anak yang menggunakan platformnya

Segera Anda dapat menggunakan pengontrol pihak ketiga dengan Stadia di Chromecast Ultra

Tips Meningkatkan Kesehatan Tubuh Secara Alami dengan Perubahan Gaya Hidup